BEST ADVENTURE TRIP

Wisata Alam yang Indah dan Murah di Curug Nangka

Curug Nangka merupakan salah satu dari begitu banyak pilihan wisata alam berupa curug atau penderasan yang terdapat di Bogor. Ya, kota hujan ini memang masih terasa asri dan sejuk alasannya yaitu masih terawatnya hutan di sekitarnya. Untuk mengunjungi Curug Nangka, Anda harus tahu bahwa route yang akan Anda hadapi bukanlah route yang mudah untuk dilalui. 

Medan yang akan dilewati cukup menantang alasannya yaitu merupakan medan pegunungan. Tapi, medan menantang itu tidak akan terasa berat dan melelahkan alasannya yaitu Anda mampu menikmati perjalanan dengan udara yang bersih dan sejuk serta pemandangan alam yang indah.


merupakan salah satu dari begitu banyak pilihan wisata alam berupa curug atau penderasan y Wisata Alam yang Indah dan Murah di Curug Nangka
Curug Nangka


Letak Curug Nangka

Curug Nangka terletak di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Karena lokasinya yang berada di sebuah taman nasional, tentunya daerah penderasan ini masih menjadi area yang dijaga dan dilestarikan dengan baik. Kawasan penderasan ini tepatnya terletak di Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Selain itu, daerah ini juga berada di bawah naungan RPH Gunung Bunder, dan juga BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor. 

Tepatnya, penderasan curug nangka ini berada di kaki Gunung Salak dengan ketinggian 750 mdpl. Suhu udara di sekitar daerah ini yaitu sekitar 20-22o C sehingga terasa sejuk. Selain masih dikelilingi oleh hutan yang lebat, curah hujan yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 4000mm/ tahun merupakan alasan mengapa daerah ini terasa sejuk.

Jika Anda akan mengunjungi Curug Nangka, maka lokasi yang harus dituju yaitu Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Jika Anda ingin mencapai daerah curug nangka ini dengan menggunakan GPS, koordinatnya yaitu 6o 40’ 4.12” S 106o 43’ 37.09” E. Atau lihat peta via google map klik disini.

Akses ke Air Terjun Curug Nangka

Kawasan penderasan curug nangka sangat mudah untuk diakses baik dengan kendaraan prinbadi maupun kendaraan umum. Berwisata ke daerah ini akan lebih mengasyikkan jikalau menggunakan kendaraan roda dua. Bagi mereka yang cinta petualangan, mencapai daerah penderasan ini akan lebih menantang dengan menggunakan sepeda gunung atau motor. Tidak perlu khawatir akan tersesat alasannya yaitu ada cukup banyak papan penunjuk untuk mencapai daerah penderasan curug nangka.

Dengan Kendaraan Umum
Jalan menuju lokasi curug nangka dari Kota Bogor juga sangat mudah untuk diikuti. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, Anda mampu menaiki angkot jurusan Ramayana (BTM) – Ciapus atau angkot NO.03 yang mampu didapat di depan Bogor Trade Mall (BTM). Behentilah di pertigaan sebelum pintu gerbang menuju lokasi. Belok kiri untuk menuju Curug Nangka dan jikalau Anda belok ke kanan, Anda akan menuju Curug Luhur. Dari pertigaan tersebut Anda harus berjalan kaki kurang lebih sejauh setengah kilometer.

Dengan Kendaraan Pribadi
Dengna menggunakan kendaraan pribadi, route yang paling mudah dimulai dari Istana Bogor kemudian ke arah kanan mengikuti jalan yang menuju Ciapus. Jika Anda dari Jakarta, perjalanan ini mampu memakan waktu sekihtar 2,5 jam.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Curug Nangka

Berwisata alam ke Bogor merupakan jenis wisata yang sangat banyak diminati, terutama bagi mereka yang gemar berpetualang dan selalu membutuhkan waktu refreshing setelah penat pada pekerjaan. Dan berwisata ke Curug Nangka ini yaitu pilihan yang tepat alasannya yaitu wisata alam ini juga sangat murah. Berikut beberapa gosip perihal estimasi biaya perjalanan ke lokasi penderasan curug nangka (biaya mampu sedikit berbeda sesuai dengan kenaikan harga tiket atau semacamnya);

-       Tiket Kereta Api dari Jakarta ke Bogor: Rp 5.000,-
-       Angkot dari Stasiun Bogor ke Bogor Trade Mall: Rp 3.000,-
-       Angkot dari BTM ke Ciapus: Rp. 7.000,- hingga Rp 10.000,-
-       APTB: Rp 14.000,-
-       Biaya masuk ke daerah air terjun: Rp 15.000,- (untuk hari libur) 

Nikmati Air Terjun Lain di Kawasan Curug Nangka


merupakan salah satu dari begitu banyak pilihan wisata alam berupa curug atau penderasan y Wisata Alam yang Indah dan Murah di Curug Nangka

Setelah melewati pintu gerbang daerah air terjun Curug Nangka, Anda tidak mampu pribadi menikmati keindahan penderasan ini. Anda harus melaksanakan trekking terlebih dahulu menuju air terjun. Tapi alasannya yaitu daerah ini masih diliputi udara yang sejuk dan pemandangan yang indah, perjalanan ini tidak akan terasa melelahkan. Jika beruntung, Anda juga mampu menemukan banyak kera liar yang hidup di daerah hutan sekitar air terjun. Selain itu, Anda juga mampu menikmati keindahan penderasan lain sebelum mencapai Curug Nangka

merupakan salah satu dari begitu banyak pilihan wisata alam berupa curug atau penderasan y Wisata Alam yang Indah dan Murah di Curug Nangka
Curug Daun

Sebelum mencapai daerah penderasan curug nangka, Anda mampu menikmati sejuknya penderasan Curug Daun yang berjarak sekitar 300 – 400 meter dari parkiran. Tinggi penderasan ini hanya sekitar 6 meter. Setiap pengunjung harus menyusuri jalan di pinggiran sungai, tidak boleh menyusuri sungai alasannya yaitu air bah mampu datang kapan saja dan membahayakan setiap orang yang melintasi sungai. Di lokasi Curug Daun, para pengunjung mampu menikmati sejuknya air dengan berenang di bak alami dan juga air mancur melengkung yang berbentuk menyerupai serat daun.

merupakan salah satu dari begitu banyak pilihan wisata alam berupa curug atau penderasan y Wisata Alam yang Indah dan Murah di Curug Nangka
Curug Kawung

Selanjutnya, Anda juga mampu menikmati keindahan Curug Kawung yang letaknya di bab hulu sungai. Jaraknya dari Curug Daun yaitu sekitar 1 kilometer dan mampu dicapai dengan melalui jalan setapak yang naik turun. Air terjun ini lebih tinggi, yaitu sekitar 25 meter. Pemandangan di sekitarnya juga lebih rupawan alasannya yaitu dikelilingi dengan bukit – bukit yang hijau. Selain itu, lokasinya yang lebih terbuka dianggap lebih aman dari ancaman air bah.Air terjun yang mengalir juga tidak begitu deras alasannya yaitu melewati tebing – tebing bukit.

merupakan salah satu dari begitu banyak pilihan wisata alam berupa curug atau penderasan y Wisata Alam yang Indah dan Murah di Curug Nangka


Bagi Anda yang ingin menikmati waktu libur dan refreshing di alam yang indah, daerah penderasan curug nangka yaitu tempat yang tepat. Pemandangan yang rupawan sangat tepat dengan sejuknya udara yang menyelimuti lokasi ini. Selain itu, hutan pinus dan perbukitan hijau merupakan pemandangan rupawan yang sangat menyejukkan mata. Karena keindahannya, kawasan Curug Nangka dan sekitarnya ini juga sering dijadikan lokasi berkemah dan juga outbond. 


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada