BEST ADVENTURE TRIP

Air Terjun Timbulun Painan Pesisir Selatan

Pesona Kabupaten Pesisir Selatan memang surganya wisata alam, tidak hanya wisata maritim laut tersimpan nirwana wisata alam air-terjun-timbulun-Painan menjadi destinasi gres yang akan menjadi pilihan terbaik untuk anda menyukai tantangan untuk hingga ke lokasi. Tidak cukup rasanya menghabiskan waktu digugusan pulau di Kabupaten Pesisir Selatan sebaiknya di tambah wisata alam gerojokan ini menjadi lebih lengkap sehingga waktu yang telah dipersiapkan menjadi berarti. Mungkin, itinerary anda yang sudah dimasukan ke dalam daftar yaitu Pantai Carocok, Wisata Mandeh, Jembatan Akar, dan lainnya itu sudah niscaya masik di kota Painan anda harus segera menuju ke air-terjun-timbulun ini untuk melihat ini lah harta karun  liburan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Poto oleh: chirpstory.com
Poto oleh: nazhalitsnaen.wordpress.com
GEOGRAFI AIR TERJUN TIMBULUN PAINAN.
Di lihat dari geografinya gerojokan ini mempunyai tujuh tingkat setiap tingkat sudah tentu niscaya mempunyai pemandangan yang sangat indah. Semakin tinggi tingkat yang akan anda jalani tentu mempunyai tantangan yang sangat besar untuk uji nyali adrenalin anda. Perjalanan untuk hingga ke lokasi menghabiskan waktu -/+ 4 jam perjalanan dari sentra kota Padang. Jika anda masih berada di kota Painan hanya berjarak 4 km saja. Seluruh capek dan waktu yang cukup usang ini sesudah anda hingga ke lokasi terbayar sudah kemegahan air-terjun-timbulun ini akan menghipnotis anda segera bahkan menciptakan anda menggila untuk tetap berhenti sejenak menikmati gerojokan yang unik dan menyerupai ini hanya ada di kota Painan Kabupaten Pesisir Selatan.



Memiliki tingkat hingga dengan tujuh ini setiap tingkat akan ada kolam. Sekarang ini yang banyak ditempuh oleh para wisatawan hingga ke tingkat tiga, di level tiga ini sudah terlihat pemandangan yang sangat cantik. Karena proses anda untuk hingga ke tingkat tiga ini sudah niscaya membutuhkan nyali jalan yang cukup licin dan harus berhati-hati. Karena jarang alasannya ialah problem keselamatan tentu menjadi perhatian para pengunjung. Belum terbiasa dengan medan alam yang cukup menantang ini berdampak luruh dengan pemandangan alam sekitar untuk dinikmati. Situasi gerojokan yang masih didukung oleh kondisi alam yang sangat hijau dan hutan yang lebat ini akan menciptakan pandangan anda akan terpesona dibuatnya sehingga rasa penat perjalanan yang ditempuh sirna seketika.

Apabila tidak hingga ke tingkat tiga tidak ada masalah, di tingkat pertama saja sudah menawarkan pemandangan yang sangat baik dan indah. Sudah cukup spot untuk mengabadikan seluruh aktifitas anda menyerupai berfoto atau menguji kepekaan anda terhadap angle spot fotografi yang terjepret di smartphone atau kamera DSLR anda.

Air-terjun-timbulun-Painan sebutan lain ialah air-terjun-pincuran-tujuh-tingkat dengan hulu air berasal dari Taman Nasional Kerinci Seblat yang akan bermuara eksklusif ke Samudera Hindia atau di Teluk Painan.

TIPS: untuk hingga ke seluruh tingkat hanya ditujukan kepada pecinta alam yang mempunyai kemampuan cukup dan teknik mendaki. Karena jalurnya cukup menantang dan terjal butuh persiapan yang sangat cukup. Anda jangan mencoba mendaki hingga ke puncak bila kondisi ilmu dan teknik yang cukup dari tim pecinta alam belum didapatkan, alasannya ialah problem keselamatan.

ALAMAT AIR-TERJUN-TIMBULUN-PAINAN.
Terletak di Kampung Painan Timur, IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

KEGIATAN SELAMA DI AIR TERJUN TIMBULUN PAINAN.
Tentu cukup banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sekitar gerojokan ini. Sudah tentu niscaya berfoto dan mandi mencicipi kesegaran air hutan yang masih terjaga keberadaanya. Tentu untuk mandi setiap tingkat ada lubuk yang bisa dijadikan bak mandi tetapi ingat kedalaman dan pastikan anda mempunyai skil berenang. Karena kedalam lubuk yang menyerupai bak mandi ini cukup dalam dan harus bisa antisipasi karam ya harus bisa berenang.

Di tingkat kedua lokasinya agak melandai dan adanya kerikil alam yang menyatu dengan lokasi air terjun. Disinilah posisi terbaik pula untuk melihat lubuk yang sangat indah dimana bentuk lekukan ini tentu saja proses alami.

Di tingkat tiga air terjunnya agak tegak lurus tingginya sekitar 15 meter. Terdapat lubuk yang cukup dalam dengan warna air jernih agak kehijauan. Di lubuk ini sangat jarang di datangi alasannya ialah harus melewati arus yang cukup deras alasannya ialah jaraknya cukup jauh jalan memutarnya tentu dibarengi dengan hutan yang cukup lebat dan rimbun. Keunikan lainnya yaitu pesona tersendiri bila dibandingin dengan tingkat satu atau dua. Di level 3 ini sering terbentuk pelangi yang tentu menjadi sebuah fenomena yang sangat indah. 

Selama anda menentukan lokasi ini sudah tentu niscaya semua kepenatan jalan dan waktu tempuh yang telah anda lakukan akan takjub dengan keindahan alam. Kesejukan air menawarkan kesegaran dan hanya bisa anda rasakan di lokasi gerojokan yang masih sangat alami ini.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN TIMBULUN PAINAN.
Tentu untuk mendatangi lokasi gerojokan ini banyak wisatawan yang memulai perjalanan dari kota Padang. Waktu tempuh +/- 4 jam perjalanan dengan jarak tempuh +/- 77 km. Jalan susukan menuju ke air-terjun-timbulun-Painan ini tidak sulit, hanya diharapkan 500-600 meter saha dari pintu gerbang gapura atau pos security penjagaan dan harus menempuh perjalanan lanjutan ke sungat Bantang Timbulun.

FASILITAS SELAMA DISANA.
Dengan tingginya amimo masyarakat bahkan wisatawan lokal dan dunia telah mengenal air-terjun-timbulun-Painan ini maka Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah berperan serta untuk menciptakan jalan lebih baik dan sudah ada jalan semen beton yang di cor untuk memudahkan langkah seluruh wisatawan. Ikuti saja jalan yang sudah menjadi rute yang telah dipersiapkan oleh pengelola dan hingga tujuan ke air terjun.

TIPS:
Memang untuk mengunjungi wisata alam menyerupai ini harus anda partisipasi anda secara eksklusif untuk menjaga kebersihan dan kesegaran pandangan selama berkunjung. Buang sampah pada tempatnya apapun jenis sampahnya ukuran apakah masakan atau minuman. Karena problem sampah ini menjadi atensi seluruh pihak yang terlibat walaupun anda hanya sebagai wisatawan. Tempat wisata bukan daerah sampah anda dan selalu siapkan kantong plastik sendiri dan buang di daerah yang telah disediakan.

Hal yang sangat penting adalah, objek kerikil yang datar selalu menjadi daerah untuk tangan jahil yang melaksanakan corat-coret alias vandalisme. Cara menyerupai ini tidak terpuji dan merusak alam bahkan pemandangan asri alami menyerupai bisa rusak dengan goresan pena yang tidak ada keuntungannya buat wisatawan keseluruhan. 

Pakaian yang rapi dikala berkunjung, hormati budbahasa lokal yang selalu mengedepankan keseponan dan atensi norma yang harus anda perhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamt tiba di air-terjun-timbulun-Painan Kabupaten Pesisir Selatan.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada