BEST ADVENTURE TRIP

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul – Sudah bukan menjadi diam-diam umum lagi jikalau Gunung Kidul menyimpan banyak potensi alam yang membelah tebing-tebing tinggi. Alhasi objek wisata Air Terjun Sri Gethuk bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan keunikan penderasan ini terpancar dari guyuran air sepanjang masa yang tidak mengenal ekspresi dominan hujan maupun kemarau, sehingga air terus mengalir tanpa henti.

Maka dari itu, dikala berkunjung ke Yogyakarta sempatkan diri untuk menyambangi Air Terjun Sri Gethuk. Bahkan kanal menuju objek wisata alam ini terbilang cukup mudah, yakni hanya perlu melintasi hutan kayu putih biar hingga di lokasi. Perjalanan menuju penderasan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan menyaksikan hamparan sawah dan pohon kelapa. Berikut cara menikmati pesona Air Terjun Sri Gethuk di daerah Gunung Kidul.

Menikmati Guyuran Air Terjun Sri Gethuk Yang Eksotis 

Rute Perjalanan ke Air Terjun Sri Gethuk

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Memulai perjalanan menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk anda dapat mengambil rute ke Wonosari. Kemudian, ikut terus jalan Joga-Wonosari hingga di pertigaan Gading. Barulah di pertigaan yang menunjuk arah jalan ke daerah Playen maka ikuti terus. Namun perjalanan ke objek yang satu ini akan lebih menarik dikala dilakukan pagi hari, apalagi jikalau anda memilih rute yang melintasi Sungai Oya. Pasalnya anutan sungai terbilang hening nan terlihat begitu hijau alami di tengah kokohnya tebing Karst di setiap sisi sungai tersebut.

Asal Muasal Air Terjun Sri Gethuk

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Air Terjun Sri Genthuk di Gunungkidul yang menyimpan kisah cukup melegenda dan berkaitan dengan lokasi dari penamaaan air terjuan tersebut. Menurut kisah warga setempat, eksistensi Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat khusus  untuk menyimpan kethuk. Nah, kethuk sendiri yakni alat musik atau gamelan milik makhluk halus berjulukan Jin Anggo Meduro. Kaprikornus asal muasal penamaan penderasan ini menjadi Sri Gethuk dan hingga sekarang masyarakat sekitar masih sering mendengar alunan bunyi gamelan.

Pelangi di Air Terjun Sri Gethuk


Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Gemuruh bunyi dari guyuran penderasan mulai terdengar di indera pendengaran dikala tiba di daerah Sungai Oya,  sehingga bisa mengundang rasa penasaran untuk segera menikmatinya dari dekat. Bebatuan cantik di bawah penderasan tersebut tersusun rapi yang menyerupai mirip undak-undakan laksana di tepian bak renang. Kini saatnya anda mendekat dan mandi dibawah penderasan ini untuk mencicipi kesejukan dari air yang super jernih. Beruntung jikalau anda datang ke lokasi pada dikala ekspresi dominan hujan tiba, alasannya akan menjumpai pelangi yang indah.

Fasilitas dan Akomodasi 

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Wisata Air Terjun Sri Gethuk sebetulnya masih membutuhkan pengembangan yang lebih serius dari pihak pemda setempat. Pasalnya masih jarang fasilitas maupun fasilitas yang dijumpai di lokasi penderasan ini. Namun terdapat fasilitas umum lain menyerupai  tempat parkir  kendaraan dan beberapa warung makan yang bisa menunjang acara kepariwisataan.

Panaroma alam yang sungguh alami dan keasrian dari Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul menjadi perjalanan yang mengesankan, apalagi dengan satwa-satwa liar yang berkeliaran bebas.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada