BEST ADVENTURE TRIP

Sobat Ingin Beli Motor Bekas: Simak Tips Cara Membeli Supaya Tidak Tertipu Sama Penjual Hasil Berkualitas Baik Sempurna

Sebenarnya motor bekas sudah mulai dilirik untuk dibeli alasannya ialah harganya masih sanggup di nego bahkan pilihan cukup banyak. Kebutuhan motor bekas ini memang sudah menjadi fenomenal di seluruh penduduk alasannya ialah kebutuhan transportasi biaya yang cukup murah meriah memang harus mempunyai motor sebagai solusi terbaik. Banyak sekali pengalaman dari saudara bahkan teman yang tertipu ketika membeli motor bekas menjadi pengalaman berharga bagi anda yang ingin mendapat kendaraan ini untuk acara sehari-hari. Tentu, untuk meningkatkan performance bahkan bentuk tentu penjual akan berusaha menunjukkan solusi untuk memperbaiki hingga memoles motor bekas tetap anggun diharapkan harga yang akan di jual tetap menjadi tinggi. Namanya juga pedagang memang harus ada perjuangan tetapi anda sebagai konsumen harus ekstra hati-hati biar tidak terpedaya dengan penampilan yang sangat kinclong tetapi anda masuk dalam lingkup tertipu bahkan dikecoh sama penjual.

Poto oleh: otomania.gridoto.com

Plesirankotatua ingin membagi sharing pengalaman ketika anda menghadapi situasi dan kondisi membeli motor bekas baik di showroom, pribadi ke pemilik kendaraan, hingga berasal dari iklan yang di sanggup pada media sosial. Saran dan tips ini sudah menjadi pengalaman dan sanggup menjadi guru yang baik bagi anda biar mendapat motor bekar berkualitas dan tidak tertipu dari penjual yang nakal. Berikut tips simpel dan simpel yang sanggup anda pahami.

1. Beli Jenis Motor Apa?
Sebagai pembeli anda harus menentukan beli jenis motor apa yang akan dilirik apakah jenis bebek, sport, skuter matik, hingga motor gede. Pastikan juga menentukan tipe, tahun, dan pabrik yang membuatnya sehingga pilihan anda menjadi mengerucut ke tujuan final motor bekas. Setiap tipe jenis dan merek mempunyai keunggulan masing-masing pastikan anda menentukan sesuai dengan kebutuhan yang akan digunakan di acara sehari-hari sehingga maksimal dalam pemakaian dan sesuai dengan budget yang telah anda persiapkan. Selera dan budget menjadi penentu untuk menentukan jenis serta tipe motor bekas yang menjadi cita-cita.

2. Investigasi Harga Pasar Motor Pilihan.
Sebelum anda melangkah lebih jauh sudah kah anda melaksanakan pemeriksaan harga pasar motor yang akan dipilih. Cek harga kini ini sudah sangat mudah, lewat smartphone saja sudah sanggup dimulai alasannya ialah sudah banyak platform hingga penjual yang memasang iklan disana dan harga pasar ini sebagai cara untuk mempersiapkan taktik apa yang akan anda terapkan. Harga dan tahun pembuatan motor bekas ini berafiliasi garis lurus semakin renta tahunnya semakin murah pula harga pasarnya tergantung dari kondisi motor bekas itu sendiri. Sebaiknya anda melaksanakan monitoring harga pasar ini minimal tiga penjual biar komparasi sanggup terlihat terang dengan deskripsi isu yang diselipkan oleh penjual.

3. Pilih Penjual Jujur Terpercaya.
Semua poin satu dan dua sudah anda dapatkan, saatnya menentukan penjual yang jujur terpercaya menjadi tahap berikutnya. Jika anda mendapat penjual di dunia online pastikan platform yang mereka gunakan untuk menempatkan iklannya mempunyai track-record baik dari admin start-up yang menjadi pilihan penjual yang sanggup terlihat dari bintang yang diberikan di toko mereka hingga komentar positif dari pembeli yang telah mendapat motor bekas lainnya dengan tipe dan jenis tertentu. Khusus yang mempunyai showroom pastikan rekomendasi dari rekan, sahabat, hingga konsumen lain menunjukkan rekomendasi untuk membeli motor di showroom ini.

PENTING! untuk penjual di media online walaupun sudah mendapat reputasi baik oleh start-up platform daerah toko mereka anda juga harus melaksanakan perbandingan atau penjajakan awal yang cukup biar kenyakinan pilihan sanggup anda pertimbangan dengan waktu yang cukup.

4. Dokumen Penting Kendaraan.
Unit motor yang anda inginkan seluruh surat dokumen penting kendaraan lengkap dan sesuai dengan kendaraan tersebut. Dokumen penting yang menjadi tumpuan ialah STNK dan BPKP. Dua jenis surat penting ini menjadi tumpuan penting dan isu yang tercatat di dokumen ini harus terang dan menjelaskan motor bekas yang akan anda beli. Nomer rangka dan nomer mesin harus sama dihentikan kurang atau lebih. Karena nomer yang tertera ini merupakan kendaraan orisinil tidak barang curian dan lainnya. Untuk menunjukkan kenyamanan tingkat tinggi anda sanggup melaksanakan pengecekan ke SMS center polisi terdekat apakah kendaraan ini terdaftar atau tidak.



5. Kondisi Masih Mulus Terlihat Terawat Baik.
Banyak pembeli menyebutnya sulit gampang, memang secara kasat mata memang melihat secara pribadi sudah terlihat higienis mulus dan terawat sudag cukup tetapi harus dipastikan tidak ada goresan, penyok, bahkan retak ketika melaksanakan pengecekan teliti. Saat melaksanakan tanya jawab ke pemilih motor bekas ini ketika perawatan pergi ke bengkel mana dan seterunya. Bertanya boleh tetapi jangan menghakimi pembeli dengan sifat menyudutkan akan menunjukkan kesan tidak baik. 

Penting! melihat kondisi kendaraan memang harus ada keahlian cukup agat motor bekas ini tidak pernah terjadi tabrakan ataupun rusak parah. Jika dibutuhkan bawa teman atau saudara untuk menemani anda ketika melaksanakan pengecekan kondisi motor dengan baik.

6. Cek Kondisi Oli.
Oli ialah formula yang sangat diperhatika untuk kendaran motor bekas. Pastikan pembeli pastikan harus meminta epilog oli motor untuk dibuka biar anda sebagai pembeli sanggup melihat kondisi bagaimana keadaan oli pada ketika kendaraan tersebuu dikunjungi. Pastikan pengukur batas oli masih cukup tidak kurang dan lebih sehingga anda mengetahui oli yang berada di dalam mesin masih keadaan cukup serta anda juga sanggup melihat apakah epilog oli ini masih baik kondisinya tanpa ada keausan atau kerusakan.

7. Periksa Teliti Speedometer.
Untuk melihat keadaan orisinil dari speedometer harus dilihat dengan rinci dan teliti. Motor yang masih terawat sudah niscaya seluruh fungsi pada speedometer ini masih nyala dan menunjukkan isu yang cukupdi seluruh indikator yang ada di setiap sudut. Khusus pada motor gede sudah tentu niscaya menunjukkan panel lain yang harus dilihat yaitu tachometer dan teliti seluruh permukaan tidak ada kerusakan bahkan ada yang retak pelapis plastik yang membungkus angka atau petunjuk indikator penting.

Penting! angka yang tertera di speedometer pastikan anda meneliti apakah angka tersebut masih masuk akal untuk tahun sepeda motor yang anda lihat inil. Apabila sepeda motor bekas ini umurnya sudah 2 tahun jikalau kilometernya sudah mencapai 30.000 berarti secara rata-rata saja untuk satu hari perjalanan motor ini sudah berjalan +/- 82 km {seperti itulah kira-kira kebijaksanaan yang sanggup digunakan untuk analisa angka kilometer yang sudah terbentuk di speedometer}. Intinya kewajaran angka motor bekas ini masih masuk kebijaksanaan dari beling mata matematikanya.

8. Mendengar Saat Mesin Motor Hidup.
Setelah anda melaksanakan pemeriksaan dan mengecek seluruh tahap diatas maka saatnya anda mendengar bunyi mesin ketika motor sudah dihidupkan. Pelas tapi niscaya ketika dihidupkan ini ketika tidak ada penarikan gas bunyi mesin masih tetap halus dan tidak brisik pada ketika mesin dalam kondisi putaran mesin rendah. Akan terjadi ketidaknyamanan ketika mesin terjadi duduk masalah atau trouble saar rpm mesin dibawah 1500 rpm harus menjadi perhatian khusus.

9. Rasakan Saat Terjadi Transmisi Berpindah.
Setelah mendengar bunyi mesin dan saatnya anda harus mencoba dan mencicipi terjadinya perpindahan transmisi ketika motor bekas ini berjalan. Saat transmisi 1 berpindah ke transmisi 2 masih dalam keadaan halus atau agak sedikit terasa keras. Jika terjadi ada rasa keras maka potensi untuk ganti kampas kopling sudah harus diganti. Apabila ada bunyi yang tidak nyaman pengganti gir depan belakang sebaiknya diganti komplit dengan rantainya. Untuk jenis dan tipe gir ini akan berbeda untuk jenis dan tipe kendaraan yang akan anda beli nanti.

Penting! khusus untuk motor bekas matic semuanya serba otomatis tentu anda sanggup mencicipi akselerasinya perpindahan ini masih dalam halus dan tidak ada rasa batuk-batuk atau tersendat-sendat.

10. Pastikan Tidak Ada Kebocoran.
Anda juga sanggup melaksanakan percobaan ketika motor bekas ini telah dihidupkan dan mencicipi perpindahan transmisi. Berjalan sekitar 500 meter mencicipi perpindahan transmisi ini apakah masih dalam keadaan baik dan memberi rasa nyaman ketika berkendara. Setelah anda melaksanakan perjalanan +/- 1 km berhenti dan menepi lihat apakan mesin mengalami kebocoran atau tidak. Termasuk oli dan radiator. Karena kedua poin ini berafiliasi pribadi dengan mesin motor.

11. Pengecekan Rinci Arus Listrik Motor Bekas.
Saat anda telah melaksanakan pengecekan beberapa tahap sebelumnya dan dinyatakan lengkap dan kondisi baik maka proses pemeriksaan lainnya melihat dan pengecekan kondisi arus listrik tetap berjalan dengan baik ibarat lampu penting pada motor menyala dengan baik. Jenis lampu yang penting utama ialah lampu sen, lampu belakang, lampu depan, lampu hazard, klakson, dan ketika menghidupkan motor dengan starter harus halus dan responsive. Apabla arus listrik tidak menyala dengan baik diindikasikan pengecekan sekering motor dalam kondisi tidak baik jikalau perlu diganti.

12. Motor Bekas Kondisi Baik Terhindar Kecelakaan Besar.
Pengecekan ini harus sangat teliti sekali, dihentikan tergesa-gesa harus pelan tapi pasti. Cara yang sangat simpel ialah ketika motor bekas ini bangkit dengan standar ganda di permukaan area yang datar. Lihat lah apakah roda belakang dan depan masih dalam posisi pada garis yang lurus sejajar dan tepat. Ada kesejajaran posisi antara roda, stang, dan bodi motor. Ini lah posisi tepat bagi motor bekas yang tidak mengalami kecelakan besar dan tidak ada proses pembengkokan.

Untuk pengetesan berikutnya ialah ketika anda berjalan dengan kecepatan +/- 40 km/jam lakukan pengereman secara mendadak dan rasakan apakah motor masih sanggup dikendalikan dengan responsive atau tidak. Apabila anda mencicipi ada merasa kesulitan sudah dipastikan ada ketidakberesan dengan posisi sejajar antara roda, stang, dan bodi motor bekas ini. Pengecekan sebaiknya berulang biar mendapat kenyakinan akan fenomena ini.

13. Lakukan Tes Riding Lebih Lama.
Sebaiknya anda sanggup riding test yang cukup usang biar menunjukkan kenyakinan yang cukup baik. Test lebih usang ini sanggup melihat secara keseluruhan keadaan motor bekas ini dan direkomendasikan biar ada teman yang dibawa ketika boncengan supaya mengetahui akselarasi ketika berjalan dan berbelok. Kaprikornus sempatkan untuk melaksanakan tahap ini biar pemilihan motor bekas dengan tepat dan bekerjsama sanggup anda lakukan semaksimal mungkin.

KESIMPULAN.
Setelah anda melaksanakan seluruh tahap ini sanggup anda terapkan pada membeli motor bekas di showroom, pribadi ke penjual, hingga dari iklan dari media umum biar motor bekas yang anda cari berkualitas baik, sempurna, dan meminimalisir dari resiko biar anda tidak tertipu dan terselamatkan dari kecurangan para penjual yang mungkin saja sanggup terjadi. Buat catatan lengkap dan ketika anda melaksanakan perundingan ke penjual motor bekas ini sebutkan kekurangan dari motor dengan penyampaian yang santun sehingga harga terbaik yang akan anda dapatkan sanggup terwujud. Cara tahap ibarat ini sudah sangat umum dilakukan dan bagi yang tidak mempunyai pengetahuan sekalipun sanggup menerapkan proses formula ini biar keinginan untuk mendapat motor bekas idaman sanggup anda wujudkan segera tanpa ada kendala sama sekali. Semoga bermanfaat dan selamat hunting motor bekas berkualitas dan dijauhkan dari penipuan dari penjual yang harus diminimalisir sedini mungkin.

Tag: tips membeli motor bekas di showroom, tips membeli motor bekas aman,  tips membeli motor bekas matic, cara menentukan motor bekas berkualitas, cara membeli motor bekas biar tidak tertipu, tips membeli motor mio bekas, cara mengecek mesin motor matic bekas, tips membeli motor matik bekas injeksi.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada