BEST ADVENTURE TRIP

Coworking Space Di Indonesia Konsep Gres Untuk Bisnis Berlaku Semua Latar Belakang Bisnis Termasuk Seorang Digital Nomads

Sekarang ini sudah mulai bermuculan coworking space yang sudah mulai membius para digital nomads Indonesia sebagai tempat penting untuk menciptakan konten kreatif yang disenangi oleh para ilustrator atau creator yang butuh tempat untuk mewujudkannya. Sebenarnya tempat ini juga diperuntukan kepada seluruh kalangan termasuk para pebisnis yang ingin bertemu dengan client butuh tempat untuk bertemu, meeting, hingga mini conference untuk memenangkan kompetisi yang sedang mereka lakukan. Bahkan dikala kini ini telah bermunculan tempat coworking yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia mirip Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga hingga ke Bali.

Poto oleh: xwork.co

Perkembangan coworking ini tumbuh alasannya yakni adanya peluang pasar yang diinginkan oleh konsumen yang butuh tempat yang cukup lengkap mirip kantor pada umumnya dimana mereka sanggup menyewa tempat ini dalam waktu tertentu untuk bekerja dikala waktu yang mereka miliki ada disekitar lokasi coworking ini berada. Tentu anda sangat membahami kalau seorang pekerja kantoran yang banyak berafiliasi dengan kemudahan pendukung untuk bekerja dan itu lah konsep orisinil dari coworking yang sudah menjamur dikala ini.

APA ITU COWORKING SPACE?
Pertanyaan ini tentu banyak dicari oleh para konsumen lainnya bahkan menjadi trending topik di media sosial. Apa itu coworking space?. Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia merupakan ruang kerja bersama untuk melaksanakan aktifitas baik orang pribadi atau kantoran untuk bekerja dengan tujuan tertentu. Ruangan yang tersedia mirip dengan sebuah kantoran yang sanggup menampung beberapa orang sehingga sanggup dimanfaatkan oleh para pebisnis, start up, freelancer, digital nomads, hingga strategic planner. Ketersedian luas memang tergantung dari kebutuhan masing-masing dimulai dari untuk satu orang hingga lebih dari 10 orang. Fasilitas pendukung untuk sebuah coworking ada tersedia pantry utuk melaksanakan aktifitas konsumsi dikala istirahat berlangsung.

KONSEP COWORKING SPACE.
Konsepnya tentu harus diadaptasi dengan selera konsumen dengan kenyamanan yang sangat tinggi bahkan dilengkapi dengan kemudahan pendukung yang mutakhir serta up-to-date. Ruang kerja yang sangat nyaman mirip di perkantoran pada umumnya sanggup dinikmati dikala anda yang ingin memulai suatu bisnis tetapi tidak mempunyai kantor maka solusinya sanggup menentukan coworking space sebagai pilihan terbaik. Mungkin sebelumnya banyak memakai cafe atau resto sebagai tempat untuk meeting membicarakan bisnis tetapi kini sudah beralih ke kantor idaman yang didapat dari coworking space mirip ini.

Hampir sama dengan kantor tetapi coworking banyak dimanfaatkan oleh semua konsumen dengan beraneka ragam latar belakang. Banyak ditemukan di perkantoran sebagai sentra bisnis di Jakarta, Bandung, hingga Surabaya dimana gedung satu lantai di sulap menjadi beberapa bilik diadaptasi dengan kebutuhan kemudian di desain menarik menyerupai sebuah ruangan khusus yang sanggup dipakai sebagai tempat kerja, meeting, presentasi, hingga acara perkantoran pada umumnya.

Fasilitas yang disediakan tentu harus diadaptasi dengan client yang akan memakai service ini apakah perusahaan, start up, atau seorang digital nomads. Dengan adanya pemilihan konsep ini akan berafiliasi dengan kemudahan yang akan disiapkan oleh pengelola coworking space. Semua pilihan ini harus memperlihatkan kesan bahwa tempat yang mereka tempati sementara ini nanti harus homy bahkan terkesan modern dengan desain minimalis dan elegan. Biasanya konsumen yang sudah banyak tinggal di kota metroplitan akan menyukai konsep selera urban yang dilengkapi dengan furniture tidak membosankan dan sanggup memperlihatkan mood kerja lebih semangat dengan pemilihan warna yang tepat. Pastinya, dengan kemudahan yang sudah up to day ini akan dilengkapi dengan jaringan internet super cepat, line telepon yang sanggup conference call, hingga kemudahan vidio call yang menjadi suplemen teknologi mutakhir.



SEJARAH MUNCULNYA COWORKING SPACE.
Ide pertama kali muncul coworking space ini sekitar tahun 1995 dikala ini ad organisasi nirlaba C-Base yang berlokasi di Jernam yang ingin menggabungkan referensi organisasi yang dimilikinya dengan teknologi komputer serta tempat untuk melaksanakan meeting pertemuan. Para akseptor menyebutnya pada waktu ini menyebutnya Hackerspace. Dengan berjalannya waktu berubah nama menjadi coworker space, dengan penyebutan nama ini terjadi sekitar tahun 1999 oleh Bernard Brian De Koven. Konsep yang mereka lakukan dimana semua yang hadir tidak ada bawahan dan atasan berbeda dengan konsep kantoran yang sudah ada pada umumnya. 

Menjadi sebuah coworker space sesungguhnya terwujud sekitar 9 Agustus 2005 di San Fransisco USA dimana banyak yang menyebut di tanggal ini lah lahirnya coworker space pertama dunia ada di sini didirikan oleh Brad Neuberg yang awalnya ruangan yang dilengkapi dengan meha spiral yang sanggup dipakai sebagai tempat bekerja dan dikala tersebut disediakan juga sajian makan siang untuk para akseptor yang hadir. 

Napak tilas di Indonesia coworking space yang awalnya ada di daerah Sukaluyu Bandung ini muncul di kota lainnya mirip Jakarta, Surabaya, dan beberapa kota lainnya. Dengan berkembangnya dan bahkan cukup baik sambutan masyarakat maka puncaknya di bulan Februari tahun 2016 diadakan Konferensi Coworker Indonesia di Bali sebagai awal bertemunya coworking space Indonesia.

TANTANGAN COWORKING SPACE INDONESIA.
Memang konsep ini mirip kantor yang sangat banyak kemudahan pendukung yang mempunyai harga yang cukup mahal bahkan sebagian orang masih berfikir panjang dengan harga yang di publish. Tetapi kalau melihat prospek ke depan bisnis ini sanggup sangat berkembang dikala start up atau digital nomads yang ingin tempat yang sanggup diadaptasi dengan kebutuhan sanggup bersaing dengan baik sehingga going concern bisnis coworking ini sanggup berjalan semestinya. 

Khusus bagi developer atau owner pemilih gedung yang masih saja ada lantai yang kosong tanpa penyewa sanggup menciptakan konsep coworking space ini untuk menarik para start up muda atau para penggila digital untuk tiba dengan menyewa pastikan sesuai dengan kapasitas dompet hingga luasnya space yang disiapkan. 

SEGMENT PASAR.
Untuk memenangkan kompetisi memang harus terfokus pada segmen pasar yang akan dimasuki oleh pengelola coworking space. Lirik pasar yang memang potensial dan sesuaikan dengan lokasi tempat area yang akan dijadikan lahan untuk coworking ini. Misalnya, gedung yang menyediakan coworking space di sekitar sentra bisnis atau akrab dengan shopping mall fokus segmen pasar jatuh pada pebisnis profesional muda hingga strategic planner dari perusahaan yang sedang melayani investor yang akan melaksanakan go private untuk tujuan bisnis jangka panjang. Begitu juga dengan loksi akrab dengan sekolah, universitas, atau sentra pendidikan tentu coworking space yang disediakan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meneliti segment pasar ini untuk meningkatkan konsumen yang akan melaksanakan penyewaan untuk waktu tertentu. Memang pengelola harus menyesuaikan dengan jenis kemudahan yang diharapkan oleh segemented pasar yang akan dimasuki untuk sanggup memenangkan kompetisi di masa yang akan datang.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN COWORKING SPACE.
Jika bisnis anda sudah mulai berjalanan dan jumlah client anda yang ingin bekerjasama dengan anda sudah meningkat berarti anda butuh tempat yang cukup representatif biar meeting yang akan dilakukan tetap nyaman memang harus memakai coworking space untuk menunjang seluruh aktifitas bisnis. Merintis sebuah perusahaan tidak selalu harus mempunyai kantor sendiri, anda sanggup mengambil peluang dengan munculnya pilihan coworking space sebagai tempat terbaik dengan harga yang masih sanggup terjangkau untuk kelas start up, digital nomads, hingga pelaku bisnis. Jika anda masih dalam tahap berkembang memang tidak harus selalu mempunyai aset kantor dengan kemudahan yang cukup lengkap dari coworking space sanggup diandalkan untuk sementara. Apabila seluruhnya sudah stabil maka anda sanggup memikirkan menciptakan lokasi kantor yang sesungguhnya untuk melaksanakan aktifitas bisnis anda.

PENUTUP.
Kapan anda membutuhkan coworking space untuk bekerja sanggup diteliti dengan komprehensif biar peluang untuk mendapat client atau memenangkan kompetisi bisnis butuh tempat yang representatif. Peduli dengan bisnis memang harus anda pengorbanan untuk membayar sedikit lebih mahal tetapi effort strategis yang sanggup anda dapatkan di jangka pendek atau jangka panjang sangat konkret di depan mata. Meneliti dengan teliti sebelum bertindak memang diharuskan biar efektifitas penggunaan cowroking space ini sanggup lebih maksimal untuk kebutuhan bisnis anda di masa yang akan datang.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada