BEST ADVENTURE TRIP

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores – Siapa sangka Flores menyimpan banyak potensi wisata alam yang menakjubkan. Keunikan Flores yang seakan-akan dengan Eropa kalau dilihat dari bentangan sungai dan bebatuan. Salah satunya yakni keindahan objek wisata Air Terjun Cunca Wulang yang terletak di daerah Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Saat menuju ke Air Terjun Cunca Wulang memang membutuhkan sedikit pengorbanan. Hal ini dikarenakan medan yang cukup menantang sehinga perlu ketangkasan ketika mengendarai kendaraan. Namun di sepanjang jalan pastikan menjumpai area pegunungan yang sangat memikat. Nah, ini beliau tempat wisata Air Terjun Cunca Wulang yang berada di Flores.

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Mencapai Lokasi Objek Wisata  


Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Flores memang terkenal akan keindahan alam baik daratan maupun alam bawah lautnya. Kini di Labuan Bajo terdapat objek wisata Air Terjun Cunca Wulang yang bisa menyuguhkan pesona sangat menarik untuk dikunjungi. Air terjun yang satu ini dinamakan Cunca Wulang sebab berada di Desa Cunca Wulang, atau lebih tepatnya di Kecamatan Mbelilling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Anda harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 30 KM dari daerah pelabuhan Labuan Bajo selama kurang lebih 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Pesona Grand Canyon Cunca Wulang 

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Keberadaan jeram yang masih satu daerah dengan Hutan Mbeilling terbilang menantang untuk medan perjalanan. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, Cunca dan Wulang yakni Air Terjun dan Bulan. Ketinggian jeram tersebut berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan air laut, sehingga dapat dipastikan udara di sekitar lokasi begitu sejuk. Menariknya, Air Terjun Cunca Wulang kalau dilihat secara sekilas hampir ibarat Grand Canyon versi kecil  dengan anutan sungai yang terletak di antara tebing bebatuan besar, serta jeram berada di atas  batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan

Meloncat dari Ketinggian Air Terun 

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Bebatuan yang mengapit sungai anutan Air Terjun Cunca Wulang yang terbilang aman untuk dipanjat, lantaran adegan sisinya tidak terlihat tajam. Maka jangan heran banyak wisatawan yang melaksanakan loncat dari atas kerikil sampai ketinggian 6 meter ke bawah anutan sungai. Namun ingat tanyakan dahulu kepada guide untuk persoalan loncat terutama dari titik yang tinggi. Pasalnya ketika animo kemarau air cenderung sedikit yang menimbulkan wisatawan dapat membentur adegan dasar sungai.

Debit Air Terjun Deras 

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores

Pada ketika animo hujan, memungkinkan debit jeram ini sangat deras dan bergelimpahan. Hanya saja anutan sungai tidak seindah di hari biasanya yang memiliki warna hijau, lantaran pengaruh air hujan yang cenderung keruh. Selain itu , pengunjung bisa berenang sambil menikmati keindahan alam sekitar tanpa terusik oleh keramaian. Pastikan akan menerima pengalaman yang tidak terlupakan dan begitu mengesankan.

Itulah Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores yang terbilang sangat eksotis. Sebagai berita bahwa di sekitar jeram ini belum disediakan warung makan, jadi harus membawa bekal makanan untuk menggajal rasa lapar.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada