BEST ADVENTURE TRIP

Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta

Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta – Semenjak diresmikannya Museum Bahari memang banyak mendapat kunjungan wisatawan. Tetapi belakangan ini tampak sepi sehingga benda-benda koleksi sejarah hanya dibiarkan sebagai pajangan. Kalaupun ada wisatawan yang berkunjung kebanyakan berasal dari mancanegara ketimbang pengunjung lokal. Bahkan prosentasi 65% dari wisatawan absurd dan 35% sisanya bagi wisatawan lokal.

Museum Bahari Jakarta tentu memilik fungsi tersendiri yang meliputi untuk tempat memelihara maupun merawat benda bersejarah yang berbau bahari. Di samping itu, koleksi-koleksi yang bekerjasama dengan kehidupan kebaharian dan kehdupan nelayan dari Sabang sampai Merauke. Lebih dari itu, museum ini juga menjadi tempat rekresai dan menggali ilmu. Jadi, kenali sejarah kelautan di Museum Bahari yang berada di Kota Jakarta.


Wisata Sejarah di Museum Bahari Jakarta

Sejarah Kelautan Museum Bahari 


Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta

Bangunan yang didirikan oleh pemerintah Kolonial Hindia-Belanda pada tahun 1652 memiliki gedung berlantai 3. Keberadaan bangunan tersebut tepatnya di Jalan Pasar Ikan Jakarta Utara yang menghadap Teluk Jakarta. Di bab kanan yang taka jauh dari gedung induk juga terdapat bangunan menara. Hingga dikala ini lebih dikenal dengan sebutan Meara Syahbandar yang dibangun sekitar tahun 1839. Dulunya menara tersebut digunakan sebagai prosesadministrasi keluar masuknya kapal sekaligus sebagai sentra pengawasan lautan dan daratan sekitar.

Bangunan Berlatai Tiga yang Kokoh 


Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta

Bangunan berlantai tiga dibuat supaya dapat bertahan lama terhadap gempuran angin puting-beliung laut tropis yang mengandung garam. Selain itu, tembok sekeliling gudang sangat tebal, tiang-tiag penyangga langit-langitnya juga terlihat kokoh. Pasalnya menggunakan kayu ulin (kayu besi) berukuran besar, sehingga tidak akan gampang keropos dari gangguan cuaca maupun rayap.
Hingga kini gudang renta dari bangunan tiga lantai masih bertengger dan terkesan angker

Gudang-Gudang di Kawasan Museum 


Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta

Beberap gudang yang berada di tempat Museum Bahari secara signifikan mengalami perubahan. Bisa dilihat dari adanya pintu-pintu masuk yang semakin berubah drastis. Pada masa pendudukan Jepang, tepatnya ketika perang dunia II meletus, gudang tersebut menjadi tempat logistik peralatan militer tentara Dai Nippon. Setelah Indonesia Merdeka barulah gudang dialih fungsikan untuk gudang logistik PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PTT (Post Telepon dan Telegram).

Koleksi Museum Kebaharian 


Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta

Museum Bahari memiliki peran untuk melestarikan, memelihara, merawat, dan menyajikan koleksi-koleksi yang bekerjasama dengan kehidupan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia. Bahkan koleksi kelautan tersebut mencapai sekitar 1835 buah. Adapun tata pamer koleksi maupun gosip terbagi ke dalam sejumlah titik ruang, mulai dari ruangminiatur kapal dan peralatan kenelayanan, ruang teknologi menangkap ikan, dan lain sebagainya.

Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta


Perlu diketahui dari sekian banyaknya koleksi ada 126 koleki benda-benda sejarah kelautan, terutama kapal dan perahu-perahu niaga tradisional. Di antara puluhan miniatur yang dipajang terdapat 19 koleksi perahu asli dan 107 buah miniatur, foto-foto dan biota laut lainnya. Dengan begitu koleksi tersebut bergotong-royong bisa dijadikan spot terbaik untuk mengabadikan sebuah gambar fotografi sebagai bab dari rekreasi pariwisata.

Mungkin bagi anda yang menyukai wisata sejarah, bisa memasukkan Museum Bahari Jakarta sebagai tempat wisata terbaik.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada