BEST ADVENTURE TRIP

Kampung Budaya Sindang Barang Bogor




Kampung Budaya sindangbarang terletak di desa pasir eurih kecamatan tamansari kabupaten Bogor Jawa Barat. Berjarak hanya 5 km kota Bogor. Merupakan Kampung Tertua untuk Wilayah kota dan kab Bogor, berdasarkan sumber naskah Pantun Bogor dan Babad Pajajaran. Kalau menurut Pantun Bogor diperkirakan Sindangbarang sudah ada semenjak jaman Kerajaan Sunda lebih kurang periode ke XII.

Disinilah dahulu terdapat suatu Kerajaan Bawahan yang berjulukan Sindangbarang dengan Ibukotanya Kutabarang.  Disinilah menurut kisah rakyat digemblengnya para satria-satria kerajaan. Disini pula kebudayaan Sunda Bogor bermula dan bertahan hingga kini dalam wujud Upacara Adat Seren Taun.

Di Kampung budaya Sindangbarang terdapat 8 macam kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan  dilestarikan oleh para penduduknya. Disini terdapat pula situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran berupa Bukit-bukit berundak.

Di sindangbarang setiap satu tahun sekali diselenggarkan upacara adab Seren Taun yaitu upacara ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap Yang Mahakuasa Yang Maha Esa atas hasil Panen dan hasil bumi yang diperoleh pada tahun ini dan berharap hasil panen tahun depan akan lebih baik lagi.
Upacara Adat Seren Taun
Untuk melestarikan kesenian tradisional di kampung budaya, maka diselenggarakan pelatihan tari dan gamelan untuk generasi muda secara gratis oleh Kampung Budaya Sindang Barang,  Anak-anak muda yang telah mahir di bidang kesenian masing-masing maka akan dilibatkan dalam pementasan menyambut tamu yang tentunya akan menambah penghasilan untuk mereka sendiri.
Tarian Menyambut Tamu
Untuk melestarikan situs-situs purbakala, kampung budaya bekerja sama dengan FIB UI melaksanakan penelitian , dokumentasi dan menyelenggarakan seminar mengenai situs peninggalan kerajaan Pajajaran tersebut. Cerita rakyat mengenai Sindangbarang sendiri telah dicoba untuk dibukukan oleh teman-teman dari FIB UI.

Saat ini rumah-rumah adab dan tradisi budaya di Kampung Budaya Sindangbarang telah direkontruksi dan direvitalisasi dengan bimbingan dan petunjuk dari Bapak Anis Djatisunda seorang Sesepuh Sindangbarang dan Budayawan Jawa Barat. Revitalisasi budaya dan rumah-rumah adab tersebut memang perlu dilakukan semoga orang sunda tidak kehilangan jatidirinya.

Tinggal bersama kokolot merupakan salah satu keunikan di Kampung Budaya Sindangbarang. Karena merupakan kampung budaya maka para tamu akan mencicipi suasana kehidupan perkampungan sehari-hari. Dimana para tamu akan tinggal bersama kokolot dan seniman yang memang tinggal di kampung budaya.

Kunjungan Wisatawan Mancanegara
Para tamu akan menemui suasana para ibu-ibu menumbug padi di saung lisung, memasak dengan menggunakan kayu bakar dan Hawu (kompor tradisional sunda),melihat para petani bercocok tanam, berguru kesenian tradisional dll.

Kegiatan Wisata Budaya yang diselenggarakan di Kampung Budaya Sindangbarang yaitu murni dilakukan sepenuhnya oleh para kokolot Kampung Budaya dalam rangka mencari biaya pemeliharaan rumah-rumah adab yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Bogor serta  tidak untuk tujuan komersil. Adapun dana yang terkumpul dari hasil kunjungan wisatawan dipergunakan untuk.

  • Operasional Kampung Budaya, termasuk mengganti ongkos pengurus, listrik, pelatihan kesenian, Perbaikan bangunan, Mendata Situs purbakala dll.
  • Melakukan Revitalisasi kesenian tradisional Sunda, antara lain Seni Gondang, Parebut Se’eng,Kendang Pencak, Seni Reog, Angklung gubrag,Rampak Gendang, Calung, Jaipong.
  • Untuk Pagelaran Seni Tradisi Adu jaten Parebut Se’eng (Adu kekuatan merebutkan se’eng “ penanak nasi “), Lomba Tutunggulan, Seminar Budaya dan Kegiatan Upacara Adat Seren Taun.

Dengan berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang berarti anda telah membantu memperpanjang usia bangunan-bangunan adab kami dan melestarikan kesenian tradisional Sunda. 



Nilai Sejarah
Sindangbarang, nama tersebut telah dikenal dan tercatat dalam babad pakuan / pajajaran sebagai salah satu tempat penting kerajaan sunda dan pajajaran. Hal ini disebabkan di sindangbarang terdapat salah satu keraton kerajaan tempat tinggalnya salah satu istri dari prabu Siliwangi yang berjulukan Dewi Kentring Manik Sunbulat Sunda. 

Sedangkan penguasa sindangbarang ketika itu yaitu Surabima Panjiwirajaya atau Amuk Murugul. Bahkan Putra Prabu Siliwangi dan Kentring manik mayang sunda yang berjulukan Guru Gantangan lahir dan dibesarkan di Sindangbarang.

Sampai ketika ini masih ada peninggalan purbakala berupa Taman Sri bagenda di Sindangbarang, yaitu taman yang berupa kolam dengan panjang 15 X 45 meter, dan 33 buah titik Punden Berundak.

Kampung Sindangbarang adalah kampung tertua di Bogor, sudah ada semenjak jaman kerajaan Sunda. Sampai Saat ini tradisi seni dan budayanya masih terpelihara disana. Terdapat situs purbakala peninggalan jaman Kerajaan Sunda yang mampu anda lihat ketika Treking melewati sawah dan sungai di Sindangbarang yang tentunya tidak akan anda temui ditempat lain.



Dilengkapi dengan rumah-rumah tradisional khas Sunda Bogor dan Lumbung padinya yang berjejer akan menambah suasana pedesaan kuno jaman dahulu kala. Wisata budaya di Sindangbarang merupakan wisata yang eksotis yang tidak akan ditemui di tempat lain.

Sindangbarang masih terdapat Folklore(cerita rakyat)  tentang Kerajaan Pajajaran yang diturunkan secara turun temurun dan kisah berdasarkan naskah Pantun Bogor warisan Almarhum Bpk Anis Djatisunda. para pengunjung mampu mendengarkan kisah ttg kerajaan Pajajaran ketika masa Jayanya hingga kehancuran kerajaan dikarenakan diserbu Banten , Demak dan Cirebon.


Saat ini di Kampung Budaya Sindangbarang telah ditemukan lebih kurang 93 titik sebaran situs purbakala, 33 buah diantaranya berupa bukit berundak peninggalan kerajaan Pajajaran sebagai sarana beribadah agama Sunda pada jaman itu.
Tersedia lapangan yang luas untuk kegiatan olahraga atau budaya 
Kegiatan - kegiatan yang mampu anda lakukan di Kampung Sindang Barang antara lain :

Tracking 
anda dapat mencoba tracking kesitus –situs purbakala di sekitar kampung budaya, dengan jalan melintasi tempat persawahan, sungai besar dan sungai kecil atau ke gunung salak dengan jarak tempuh mencapai 3 hingga dengan 6 jam.

Belajar karawitan
Belajar gamelan sunda dibimbing oleh intruktur kami yang lulusan sekolah karawitan. Akan menimbulkan pengalaman tersendiri bagi anda dan keluarga dengan berguru gamelan.

Belajar tari klasik atau kreasi
Cobalah untuk berguru menari di kampung budaya  dibimbing oleh intruktur kami yang merupakan lulusan sekolah karawitan.

Rafting
Rafting di sungai Ciberang dengan instruktur yang berpengalaman pada bidangnya hanya 1 jam perjalanan dari kampung budaya.

Pijat   
Bilamana anda ingin rileks kami juga menyediakan jasa pijat dengan tenaga hebat yang berpengalaman memijat sehingga mampu mengendorkan ketengangan syaraf-syaraf anda.

Baca Buku Di Perpustakaan
Isilah waktu kalem anda dengan membaca di Perpustakaan, kami memiliki koleksi buku-buku mengenai budaya, sejarah dan sastra sunda dengan koleksi buku mencapai hampir 100 buah.

Terdapat penginapan untuk anda yang ingin mengenal lebih jauh budaya sunda di Kampung Budaya Sindang Barang.


Tempat Menginap di Kampung Budaya Sindang Barang


Kamar yang nyaman dan eksotik


Back to nature

Jika ingin datang ke salah satu tempat wisata di Bogor ini, ada baiknya Anda datang pada hari Minggu. Pada hari biasa, Anda dapat melihat latihan tari di sini, namun pertunjukan budaya hanya dipertontonkan pada hari Minggu saja.


Jadi, apakah Anda tertarik untuk berguru budaya Sunda Bogor di Kampung Budaya Sindang Barang? Datang saja langsung, terlebih tidak dikenakan biaya sama sekali, namun Anda juga mampu menawarkan donasi.

Demikian ulasan salah satu tempat wisata di Bogor, yaitu Kampung Budaya Sindang Barang. Semoga bermanfaat.. Selamat berlibur.


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada