BEST ADVENTURE TRIP

Sharing Pengalaman Operasi Mata Katarak Orang Renta Di Padang Eye Center Sumatera Barat

Semakin bertambahnya umur orang renta tentu penglihatan semakin berkurang terang baik untuk membaca, melihat objek jauh, sampai terlihat kabur untuk pemandangan tertentu, ini lah yang terjadi pada orang renta saya. Dengan berjalannya waktu tentu harus memperhatikan beberapa alasan kenapa ia tidak dapat melihat terang dan tentunya ada hal yang masih perlu diperiksa ke Dokter Spesialis Mata untuk memastikan apa yang terjadi dengan kedua organ mata orang tua. Awalnya memang menuruh Dokter Spesial Mata menyebutkan adanya katarak gres 40% bila sudah melebihi 50% sebaiknya eksklusif operasi untuk memulihkan penglihatan lebih jernih dan lebih baik.

Poto oleh: martinrecords.com

Setelah berjalan waktu +/- 2 tahun dan dikala waktu itu saya membawa orang renta untuk memeriksakan kembali ke dokter lain di Padang Eye Center untuk memastikan penglihatan orang renta yang sudah tidak terlalu terang lagi melihat objek terutama untuk posisi benda jauh. Pemeriksaan dilakukan dan memang ia harus melaksanakan operasi katarak untuk kedua organ mata dan orang renta saya menyetujuinya ingin sembuh dan ingin melihat lebih terang lagi.

SEKILAS PENYAKIT KATARAK.
Di beberapa literatur yang saya baca mengenai penyakit katarak ini memang terjadi pada orang renta diatas umur 70 tahun. Proses umur yang telah memakai mata untuk banyak sekali kegiatan tentu bertambah berkurang kualitasnya sehingga ada faktor lain yang menghambatnya. Dan ada beberapa tanda-tanda atau keluhan penyakit katarak ini yang saya kutip dari alodokter.com

1. Pada dikala melihat agak terlihat samar dan adanya berkabut.
2. Pada dikala melihat cahaya yang menyilaukan mata semakin sensitif melihatnya.
3. Adanya melihat bundar cahaya di sekeliling sumber cahaya.
4. Tidak terlalu terang melihat di malam hari.
5. Warna dikala dilihat pudar dan tidak terang atau cerah.
6. Kadang terlihat objek ganda.
7. Lensa kacamata yang digunakan selalu bertambah ukurannya.

Setelah saya membaca ilistrasi dari sumber ini memang orang renta hampir semua menyebutkan tanda-tanda yang sama dan pastinya penyakit katarak ini akan menunjukkan imbas kepada orang renta untuk melaksanakan aktifitas keseharian terutama untuk melihat atau membaca menjadi terhambat.

PROSES ADMINISTRASI SEBELUM MELAKUKAN OPERASI KATARAK.
Setelah investigasi mata terakhir saya harus mengurus beberapa dokumen yang segera dilengkapi sehabis mendapat surat keterangan dari Dokter Spesialis Mata Padang Eye Center. Dengan surat ini saya harus mengikuti alur dari BPJS yang telah berhubungan dengan Rumah Sakit ini untuk melaksanakan operasi katarak pada mata. Pengurusan tidak sesulit yang saya bayangkan, saya mengunjungi Puskesmas yang ditunjuk sesuai dengan alamat KTP orang renta dan petugas disana menunjukkan rekomendasi untuk melaksanakan operasi di selembar kertas yang telah di tanda tangani oleh dokter di Puskesmas tersebut dengan menunjukkan kartu BPJS orisinil serta KTP asli.

Setelah surat keterangan atau acuan ini sebagai dasar untuk Rumah Sakit Padang Eye Center untuk melaksanakan tindakan operasi katarak pada mata, dan saya dan orang renta kembali lagi untuk melapor ke petugas bahwa orang renta saya sudah siap melaksanakan operasi sehabis waktu kunjungan berikutnya yang telah ditetapkan oleh Dokter Spesialis Mata.

Jadwal untuk operasi ini sudah dijadwalkan oleh Dokter Spesialis Mata pada dikala terakhir pemeriksaan. Dan dikala aktivitas yang sudah ditetapkan datang semua dokumen yang saya lengkapi diterima sehabis proses pendaftaran dan pendaftaran di pos yang telah ditunjuk orang renta saya siap melaksanakan operasi.

SAAT PROSES OPERASI BERLANGSUNG.
Jadwal yang telah ditetapkan untuk operasi katarak mata ini tentu ada beberapa investigasi perhiasan dan berkas yang harus dipersiapkan oleh pihak rumah sakit dengan keluarga pasien. Orang renta saya eksklusif dilakukan investigasi oleh staf rumah sakit dengan menunjukkan data perhiasan sebelum operasi berlangsung berupa kondisi mata, dikala mata sebelum operasi, dan lain sebagainya.

Setelah semua berkas lengkap dan akurat maka giliran orang renta melaksanakan operasi katarak mata untuk satu mata saja terlebih dahulu. Begitu lah prosesnya, bila satu mata sudah sembuh total maka akan dilakukan tindakan kembali untuk mata berikutnya. 

Saat memasuki ruang operasi semua pakaian orang renta harus diganti dengan pakaian khusus rumah sakit yang telah dipersiapkan dan keluarga pasien harus menunggu diluar di daerah yang telah disediakan. Waktu proses operasi ini +/- 30 menit saja tidak ada menginap di rumah sakit dan eksklusif diperbolehkan pulang. Dengan obat perhiasan dan mata dalam keadaan di perban ini orang renta sudah merasa tenang, tetapi obat tetes dan penggantian perban setiap satu hari sekali yang diberikan ini harus diberikan selama 1 ahad penuh untuk dilakukan kontrol kembali ke dokter. Untuk obat tetes sudah ada aktivitas dan setiap empat jam dan enam jam untuk dua jenis obat tetes mata.

Setelah waktu satu ahad berlalu dan obat tetes sudah habis kami kembali lagi melaksanakan kontrol ke dokter untuk melaksanakan treatment pasca operasi dan hasilnya baik. Kemudian kembali lagi satu ahad berikutnya sehabis obat tetes habis semua balasannya investigasi terakhir membaik dan perban mata dilepas total. Dokter beropini akan kembali lagi sekitar 3 ahad lagi untuk melaksanakan pengecekan kembali organ mata yang telah di operasi, dan akan melaksanakan operasi untuk organ mata berikutnya sehabis mata sudah sembuh total. Jika semuanya berjalanan dengan baik dan dilakukan investigasi lanjutan untuk operasi katarak mata berikutnya dapat dilakukan operasi yang sama.

DOKUMEN PENTING.
Semua keluarga pasien harus mengikuti semua mekanisme yang berlaku, dan persiapan dokumen resmi menyerupai KTP, Kartu BPJS, dan Surat Keterangan Rujukan Puskesman harus lengkap. Dengan lengkap dokumen semua proses ini akan terasa mudah, dan operasi katarak dapat dilakukan segera oleh rumah sakit menyerupai yang saya lakukan ini dengan gampang pula. 

Semoga sharing pengalaman ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin membawa orang renta melaksanakan operasi katarak mata yang tentu menjadi sebuah solusi terbaik buat mereka semoga penglihatan ia tetap baik sehingga seluruh aktifitas yang ia lakukan lebih menyenangkan tanpa ada kendala lagi.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada