BEST ADVENTURE TRIP

Air Terjun Lubuk Watu Bulan

Keindahan air-terjun-lubuk-batu-bulan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota ini telah mempengaruhi para wisatawan hingga traveler yang menginginkan lokasi terbaru untuk dikunjungi sebagai tempat wisata favorit dan lokasinya masih di Ranah Minang. Air terjun ini sangat unik sekali air jatuh pribadi ke lubuk atau kolam yang bentuk cekungan ibarat bulan. Aliran air yang jatuh ke lubuk ini tidak ada sungai yang mengalir tetapi air yang jatuh ke lubuk atau kolam. Keunikan lain yaitu lubuk genangan air tersebut ada gua yang cukup luas pribadi menampung air yang jatuh tadi. Air jatuh ini juga ditemukan sekitar satu kilomenter ke arah hilir sebagai air penting untuk ajaran sawah petani. Jadi, lokasi gerojokan ini tidak sanggup dijadikan lokasi untuk mandi atau berenang. Hanya sanggup sebagai tempat untuk basuh muka atau mencicipi gemercik air yang kena di dinding tebing.

Poto oleh: portalwisata.co.id
Poto oleh: pesona-minangkabau.blogspot.com

GEOGRAFI AIR TERJUN LUBUK BULAN.
Air terjun dengan ketinggian +/- 50 meter ini terlihat dibelakangnya ada cekungan bentuk goa yang sangat unik bahkan alami terbentuk dari alam. Tentu lingkungan sekitar menjadi panorama yang sangat menakjubkan bahkan terunik yang hanya ada di gerojokan ini.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN LUBUK BULAN.
1. DARI KOTA PAYAKUMBUH.
Jalan menuju ke air-terjun-lubuk-bulan yaitu anda sebaiknya berangkat dari sebuah pasar rakyat tradisional di Kecamatan Mungka dengan jarak tempuh +/- 10 km. Perjalanan menuju ke lokasi gerojokan disuguhi dengan pemandagan sawah lokal penduduk serta beberapa aktifitas peternakan penduduk terlihat dengan terang ibarat peternakan unggas yang menjadi mata pencaharian utama penduduk lokal di Nagari Mungka. 

Kalau anda dari pusat kota Payakumbuh memakai kendaraan umum harus menuju ke tempat Danguang-Danguang, dan sanggup menyewa ojek hingga ke tempat yang berjulukan Simpang Kapuak.



PENTING!.
Perjalanan yang akan dilakukan ini sangat menantang dan jalan masuk terbaik memakai kendaraan roda dua. Lebih baik memakai motor khusus untuk treking jangan matik. Karena medan yang cukup terjal ini akan membutuhkan motor yang khusus pula dan sehabis itu anda akan melaksanakan perjalanan kaki menuju ke hutan dan perkebunan penduduk lokal.

Setelah anda menempuh perjalanan memakai motor sendiri ini dan akibatnya jalan aspal berganti dengan jalan hotmix. Setelah keseluruhan jalan ini anda tempuh makan saatnya pertualangan dimulai. Dibutuhkan kosentrasi tingkat tinggi lantaran anda sudah mulai menaiki perbukitan yang cukup terjal, berliku, dan mempunyai medan yang cukup curam. Setelah liku-liku perjalanan ini anda akan sanggup rehat di tempat duduk atau istriahat sejenak ketika perjalanan yang menegangkan telah usai. Dari lokasi ini anda sanggup pribadi melihat lebatnya hutan khas Sumatera yang masih terawat. 

Perjalanan anda belum selesai saatnya melanjutkan perjalanan, jangan terlalu usang duduk di sekitar tempat istirahat ini. Tujuan selesai ke air-terjun-lubuk-bulan masih sekitar +/- 15 km lagi untuk hingga ke lokasi. Perjalanan telah dilanjutkan dan anda sudah hingga di jorong Koto Tinggi Kubang Balambak saatnya ekspedisi pecinta alam dipersiapkan. Siapkan kaki yang kokoh lantaran anda akan masuk ke rimba hutan yang cukup lebat yang tentu memperlihatkan sebuah pengalaman menarik sebagai pecinta alam.

Jalan setapak menjadi referensi kaki melangkah kiri dan kanan sudah menyambut pohon yang tinggi dengan bermacam jenis. Terlihat juga flora gambir sebagai komoditas hasil bumi lainnya di sekitar jorong ini. Setelah melewati beberapa hutan gambir ini dan akan masuk ke rimba yang akan mempunyai tema perjalanan berupa tebing yang cukup curam bahkan hingga ke kaki lembah. Lama perjalanan untuk hingga kesini telah memakan waktu -/+ 3 jam perjalanan dari awal jalan hotmix habis hingga pemberhentian terakhir.

Setelah hingga di puncak bukit anda sanggup melihat indahnya pemandagan di bawah sana sebagai nilai plus dari ekspedisi perjalanan ini. Sekitar +/- 5 menit dari sini anda sudah mulai mendengar hentaman gerojokan dan akibatnya hingga di lokasi tujuan selesai yaitu air-terjun-lubuak-bulan.

2. DARI PEKANBARU.
Jika anda berasal dari kota Pekanbaru sanggup pribadi menuju ke lokasi gerojokan tidak perlu lagi melewati kota Payakumbuh. Ambil dalur di Simpang Hulu Air, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Simpang hulu ini merupakan jalan masuk awal menuju ke lokasi gerojokan tepatnya sebelum anda memasuki kelok sembilan. Posisinya sebelah kana dan sudah anda papan petunjuk yang telah dibentuk oleh mahasiswa sedang kiprah KKN di sekitar tempat ini. Jarak dari simpang masuk ini menuju ke lokasi dengan jarak +/- 15 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Kondisi jalan ada aspal dan akan bertemu juga jalan berbatu dan tanah. Hampir sama dengan rute di kota Payakumbuh harus ekstra hati-hati lantaran medan yang akan anda lalui akan ada treking yang perbukitan turun dan naik. Kaprikornus pastikan kewaspadaan tingkat tinggi semoga motor tetap stabil dala berkendara dan akan menemukan jalan hingga ke pintu masuk wisata.

SUASANA LENGKAP SEKITAR AIR TERJUN.
Suasana sekitar gerojokan ini ada berupa jarak yang cukup tinggi ibarat patahan bumi dengan kondisi hutan liar. Pemandangan alam yang sangat indah sekali dan tak ada duanya ada di Ranah Minang ini. Di atas gerojokan terlihat punggung tebing dan adanya gua yang terjadi proses alami patahan tadi dengan bebatuan. Jika anda dari dalam gua juga sanggup pribadi terlihat gerojokan yang turun memperlihatkan warna tersendiri ketika berada di sekitar goa ini.

Air terjun ini tampaknya pribadi masuk ke perut bukit dan keluar di jorong dibawah berupa mata air sekitar 1 km meter jauhnya. Kemungkinan asal airnya berasal dari gerojokan ini. Memang terasa lain dan berbeda sekali dengan keindahan ini rasanya ingin berlama-lama dan menikmati suasana dua dengan leyehan santai hingga waktu siap untuk turun kembali. 

ALAMAT AIR TERJUN LUBUK BULAN.
Alamat letak lokasi gerojokan di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Tata letak yang sangat terpencil ini sanggup dikatakan terisolir di Kabupate Lima Puluh Kota butuh waktu sekitar 4-5 jam perjalanan memakai sepeda motor dari pusat kota Payakumbuh.

PARKIR KENDARAAN.
Memang menuju ke lokasi wisata ada perumahan penduduk yang sanggup anda parkir kendaraan sehabis menerima izin dan membayar biaya parkir kepada penduduk lokal tersebut. Memang tidak ada tarif khusus tetapi anda sanggup memperlihatkan IDR5000 per motor untuk memulai perjalanan treking sehabis kendaraan anda parkir dan melanjutkan berjalan kaki menuju ke hutan dan perkebunan warga. Dari sini anda juga bertanya ke penduduk atau memakai jasa tour guide untuk antar hingga ke lokasi sudah sanggup anda tawarkan kepada mereka, sebagai cara berterima kasih untuk memperlihatkan sedikit peluang kerja kepada mereka.

TIPS SAAT MELAKUKAN EKSPEDISI MENUJU AIR TERJUN.
Ada beberapa tips untuk melangkapi goresan pena ini semoga perjalanan ini menjadi lebih nyaman.

1. Sebaiknya perjalanan ini dimulai pada ketika ekspresi dominan kemarau, jangan pada ekspresi dominan hujan. Karena medan akan menjadi sulit dan licin ketika dikendarai oleh kendaraan bermotor.

2. Sebaiknya anda memakai jasa tour guide sangat direkomendasikan. Pada masuk ke nagari Koto Tinggi Kubang Balambak ada jasa untuk menemani anda hingga ke lokasi air terjun. Untuk biaya sanggup anda negosiasikan, harga sanggup dimulai dari IDR25.000.

3. Persiapan untuk sepatu sebaiknya memakai sepatu khusus untuk naik gunung denan sol sepatu yang berpengaruh ibarat sepatu mendaki gunung sangat direkomendasikan.

4. Bawalah perlengkapan logistik yang cukup selama melaksanakan ekspedisi perjalanan ini. Bawa tas dan barang secukupnya tidak hiperbola sesuai dengan waktu kunjungan saja, ibarat pakaian ganti dan handuk bila di lokasi anda bermain air.

5. Sebaiknya anda melaksanakan perjalanan secara tim atau rombongan semoga suasana yang akan akan nikmati bersama lebih bersemangat dan saling tolon menolong dalam perjalanan nanti.

6. Jangan buang sampah sembarangan lantaran ada indikasi wisatawan yang menciptakan sampah dari logistik yang mereka bawa. Anda jangan hingga membuang sampah di lokasi gerojokan lantaran lokasi ini bukan tempat sampah tetapi likasi wisata alam yang masih alami dan sangat disukai oleh wisatawan seluruh dunia.

7. Budayakan sifat orang timur dan beradat tidak melaksanakan corat-coret dinding gua. Sifat ibarat ini sangat tidak terpuji dan akan merusak aset wisata Ranah Minang yang harus dijaga bersama.

8. Perjalanan ini harus mempunyai stamina prima, tidak sakit, atau phobia dari ketinggian.

9. Total usang waktu perjalanan untuk hingga ke gerojokan +/- 4-5 jam, pastikan waktu yang cukup untuk anda yang mengunjungi dan hingga kembali di jorong Koto Tinggi Kubang Balambak. Perjalanan beragkat ke lokasi sebaiknya pada pagi hari dan cuaca terbaik di ekspresi dominan panas.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada