BEST ADVENTURE TRIP

De Waag, Amsterdam

 yakni bangunan fotogenik ibarat kastil yang ada di Nieuwmarkt square di tengah sentra De Waag, Amsterdam

De Waag atau The Weigh House yakni bangunan fotogenik ibarat kastil yang ada di Nieuwmarkt square di tengah sentra kota Amsterdam, Belanda. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan sekaligus tempat wisata terkenal di Amsterdam. De Waag dibangun pada masa 15 an (1488) dan dulunya merupakan salah satu gerbang kota, adegan dari tembok yang mengelilingi kota Amsterdam pada masa pertengahan.

Bangunan ini tak lagi berfungsi sebagai gerbang kota semenjak final masa 16 ketika wilayah kota Amsterdam mengalami perluasan sampai ke luar tembok kota. Tak lama setelahnya, gerbang kota pun dihancurkan sehingga menyisakan Waag sebagai bangunan yang berdiri independen. 

Setahun setelah penghancuran dinding kota, area sekitar de Waag pun dijadikan Nieuwmarkt (New Market square) mirip yang terlihat sekarang, dengan menutup dua saluran yang ada di kedua sisi bangunan. Dan kalau anda jeli, mungkin anda menyadari bahwa Waag bergotong-royong terlalu pendek (dan melebar) untuk ukuran gerbang kota apalagi kastil. Hal ini ternyata disebabkan oleh tertimbunnya sebagian ‘badan’ Waag pada ketika pembuatan Nieuwmarkt yang permukaannya agak dinaikkan.

Setelah purna peran sebagai gerbang kota, selanjutnya mulai masa 17, de Waag beberapa kali beralih fungsi mulai dari tempat penimbangan barang (Weigh House), workshop furnitur, markas pemadam kebakaran, tempat arsip kota, dan terakhir sebagai museum. 

 yakni bangunan fotogenik ibarat kastil yang ada di Nieuwmarkt square di tengah sentra De Waag, Amsterdam

Setelah kondisinya yang memprihatinkan, de Waag pun direstorasi pada masa 20, dan sekarang bangunan ini disewakan. Lantai atas ditempati oleh Waag Society, sementara lantai dasarnya kini ditempati oleh restaurant-cafe In de Waag. Sebagai bangunan tertua di Amsterdam (selain gereja), de Waag merupakan salah satu bangunan bersejarah yang layak dikunjungi. Bangunan ini pun telah ditetapkan sebagai situs warisan nasional Belanda semenjak tahun 1970. 

Selain menikmati arsitekturnya yang menarik, pengunjung de Waag juga mampu merasakan masakan di cafe dan restaurannya serta hang out di Nieuwmarkt. Selain In de Waag, ada lebih dari 20 cafe dan coffeshop lain yang ada di tepi Nieuwmarkt. Area terbuka bersahabat Red Light District ini juga merupakan tempat di gelarnya pasar harian di daerah ini, dan juga pasar materi pangan organik setiap hari Sabtu, dan pasar barang antik (flea market) setiap hari Minggu pada animo panas. Tertarik ke sini?

Alamat de Waag: Nieuwmarkt 4, 1012 CR Amsterdam
Jalan kaki. Beberapa menit jalan kaki dari Centraal Station
Metro: Line 51, 53 atau 54 (Nieuwmarkt stop)
Jam buka Cafe dan Restauran In de Waag:
Lunch: Setiap hari, pkl 10.00-16.00
Dinner: Setiap hari, pkl 17.00-22.30

Tempat wisata bersahabat de Waag: Rembrandt House, Zuiderkerk, Chinatown, Red Light District

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada