BEST ADVENTURE TRIP

Panduan Wisata ke Istana Buckingham, London, Inggris

 ialah isatana kediaman resmi yang ditinggali ratu Inggris di London Panduan Wisata ke Istana Buckingham, London, Inggris

Istana Buckingham atau Buckingham Palace ialah isatana kediaman resmi yang ditinggali ratu Inggris di London, sekaligus kantor sentra administratif kerajaan Inggris. Istana ini terletak diantara taman St James’s Park dan Green Park, tepatnya di ujung jalan The Mall, City of Westminster, London.

Istana Buckingham merupakan daerah diadakannya upacara-upacara kerajaan, daerah mendapatkan kunjungan negara, dan daerah pelantikan jabatan. Lebih dari 50.000 orang mengunjungi Istana Buckingham setiap tahunnya sebagai tamu pesta perjamuan makan (banquet), makan siang, makan malam, resepsi, dan pesta kebun kerajaan. Istana ini bukan hanya rumah bagi keluarga kerajaan Inggris, tetapi juga sebagai kantor rumah tangga kerajaan, daerah bekerja bagi 450 orang stafnya, dan daerah tinggal sejumlah staf. Ingin tahu ruangan apa saja yang ada di Istana Buckingham dan berapa jumlah totalnya?

Sejarah
Istana Buckingham dibangun pada tahun 1705 berdasarkan rancangan WilliamWinde, dibangun sebagai kediaman Duke of Buckingham. Istana ini kemudian dibeli oleh King George III pada tahun 1761, yang selanjutnya digunakan sebagai rumah pribadi untuk istrinya, Ratu Charlotte. Istana ini jadinya menjadi istana resmi kerajaan Inggris pada ketika Ratu Victoria menaiki tahta tahun 1837. Karena itu, Ratu Victoria menjadi raja/ratu pertama yang mendiami Istana Buckingham.

Selama itu, Buckingham Palace mengalami beberapa kali remodelling dan perluasan. Remodelling dimulai pada tahun 1762 dan berlanjut hingga masa ke-18 oleh arsitektur John Nash dan Edward Blore. Penambahan lain terakhir dilakukan pada final masa ke-19 dan awal masa ke-20, termasuk salah satunya balkon utama di bab depan sebelah barat.

Pada masa mendiang Ratu Victoria, pertunjukan musikal, pesta dansa mewah, dan upacara rutin kerajaan kerap menjadi pemandangan biasa di Buckingham Palace. Namun setelah kematian suaminya, Prince Albert, pada tahun 1861, Ratu Victoria membuat Istana Buckingham dalam suasana berduka untuk sekian lamanya dan bahkan kemudian meninggalkannya, lebih memilih tinggal di istana lain mirip Windsor Castle, Balmoral Castle, dan Osborne House. Meskipun begitu, opini publik kemudian memaksa Ratu Victoria untuk kembali lagi ke Istana Buckingham, meskipun sang ratu tetap sebisa mungkin lebih memilih tinggal di kediamannya yang lain.

Istana Buckingham memiliki 775 ruangan, meliputi 19 State Rooms, 52 kamar tidur keluarga kerajaan dan tamu, 188 kamar tidur staf, 92 kantor, dan 78 kamar mandi. Meskipun masih digunakan untuk acara-acara resmi dan resepsi, State Rooms dibuka setiap tahun untuk pengunjung. State Room yang dibuka selama animo panas antara lain adalah Throne Room (ruang tahta), Green Drawing Room, Silk Tapestry Rooms, Picture Gallery, State Dining Room, Blue Drawing Room, Music Room, White Drawing Room, dan The Guard Room. Pengunjung mampu masuk dan melihat interior atau bagian dalam ruangan-ruangan ini dengan membeli tiket masuk.

 ialah isatana kediaman resmi yang ditinggali ratu Inggris di London Panduan Wisata ke Istana Buckingham, London, Inggris
Throne Room
 ialah isatana kediaman resmi yang ditinggali ratu Inggris di London Panduan Wisata ke Istana Buckingham, London, Inggris
Ballroom
 ialah isatana kediaman resmi yang ditinggali ratu Inggris di London Panduan Wisata ke Istana Buckingham, London, Inggris
Dinning Room
 ialah isatana kediaman resmi yang ditinggali ratu Inggris di London Panduan Wisata ke Istana Buckingham, London, Inggris
Music Room
Guard Room

The Mall
Menuju bab depan Istana Buckingham terdapat The Mall, yaitu jalan yang menjadi rute menuju Istana buckingham. Jalan ini beserta bundaran dan halaman depan istana didesain oleh Sir Aston Web, selesai dibangun pada tahun 1911 sebagai bab dari memorial Ratu Victoria. The Mall membentang dari Admiralty Arch, melintasi St James's Park, dan berakhir di halaman depan sebelah barat Istana Buckingham, dengan monumen Ratu Victoria di tengahnya. Monumen ini memiliki bak disamping kanan-kirinya, dan berada ditengah bundaran Istana, sempurna menghadap bab tengah Istana Buckingham dan The Mall.

 ialah isatana kediaman resmi yang ditinggali ratu Inggris di London Panduan Wisata ke Istana Buckingham, London, Inggris
jalan The Mall
The Mall dan halaman depan Istana Buckingham menjadi daerah upacara pergantian penjaga istana dan daerah berkumpulnya rakyat inggris pada acara-acara kerajaan tertentu, dimana pengantin dan keluarga kerajaan melambai dari balkon utama istana.

 ialah isatana kediaman resmi yang ditinggali ratu Inggris di London Panduan Wisata ke Istana Buckingham, London, Inggris
The Mall dan halaman depan Istana Buckingham
Sebagai tempat tinggal ratu Inggris, Istana Buckingham menjadi salah satu daerah yang paling ingin dikunjungi oleh para turis, baik turis lokal maupun turis mancanegara. Selain State Room yang penuh dengan furniture mewah dan didekorasi dengan karya seni tinggi, Istana Buckingham juga menyampaikan daya tarik lain, diantaranya penjaga istana dan upacara pergantiannya, Queen’s Gallery dan juga Royal Mews.

Penjaga Istana Buckingham
Salah satu yang menjadi incaran para turis di Istana Buckingham London ialah upacara pergantian penjaga istana atau changing of the guards. Upacara ini dilakukan pada pukul 11.30 siang waktu setempat, setiap hari pada animo panas (Mei – Juli) dan animo semi, dan setiap beberapa hari sekali pada animo hambar dan animo gugur. Pada bulan Agustus, upacara pergantian penjaga istana dilakukan pada tanggal-tanggal ganjil dan pada tanggal-tanggal genap pada bulan September (jika cuaca memungkinkan). Pada animo puncak kunjungan, yaitu pada animo panas, jalan The Mall dan bundaran depan Istana Buckingham akan penuh dengan turis yang ingin menyaksikan parade dan prosesi pergantian penjaga Istana Buckingham.

Penjaga Istana Buckingham sendiri, dengan kostum merahnya yang khas dan topi bulu beruangnya yang unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. Pengunjung biasa mencuri-curi untuk foto bersama penjaga Istana Buckingham, meskipun mereka hampir tanpa mulut dan tidak mampu diajak beramah tamah :D. Penjaga Istana Buckingham mampu ditemui di pos-pos jaga yang ibarat rumah-rumahan, di setiap pintu masuk istana.

 ialah isatana kediaman resmi yang ditinggali ratu Inggris di London Panduan Wisata ke Istana Buckingham, London, Inggris
Pos jaga Penjaga Istana Buckingham
Daya tarik lain yang layak dikunjungi ialah Queen’s Gallery, daerah dipamerkannya koleksi karya seni koleksi kerajaan, dan Royal Mews, garasi daerah kendaraan dan kereta kuda kerajaan Inggris beserta sangkar kuda penariknya. Keduanya terletak di bangunan terpisah di bersahabat Istana Buckingham (tiket juga terpisah). Bagian lain dari Istana Buckingham atau Buckingham Palace ialah taman istana yang terletak di belakang istana. Dengan luas 16 hektar, taman Istana Buckingham merupakan taman pribadi terluas di kota London. Taman ini memiliki sebuah landasan pacu helikopter, danau, dan juga lapangan tenis. Di kebun inilah sang ratu biasa menggelar pesta kebun tahunannya setiap animo panas (biasanya bulan Juli), dan juga perayaan HUT kekuasaannya (Jubilee Year).

Pengunjung yang mengunjungi State Rooms juga mampu bersantai setelah tur, di Garden Cafรฉ yang terletak di teras barat Istana Buckingham. Pengunjung mampu membeli teh, kopi, jus dan aneka cake dan sandwich sambil menikmati pemandangan danau dan kebun istana. Cafรฉ ini tutup pada Pkl 17.45. Untuk melengkapi pengalalamn kunjungan ke Buckingham Palace, pengunjung juga mampu membeli suvenir dan oleh-oleh di Garden Shop.

Quick Hints:
Di bab tengah atap istana terdapat tiang bendera. Jika bendera Inggris dinaikkan hingga ke puncak tiang, ini membuktikan bahwa sang ratu sedang berada di istana.

Note:
Sebelum kau kecewa alasannya gres tau di sana, lebih baik tahu dari sekarang meski pahit :p ร  Tidak diijinkan mengambil gambar (memotret atau merekam) di dalam State Rooms. Pengambilan gambar hanya boleh dilakukan di kebun, di Queen’s Gallery, atau di luar Istana Buckingham.

Alamat Istana Buckingham: Buckingham Palace Road, City of Westminster, London

1. Queen’s Gallery
Jam Buka:
Setiap hari sepanjang tahun: 10.00 – 17.30 (terakhir masuk Pkl 16.30)
(25 – 26 Desember tutup)
Harga Tiket Masuk*:
Dewasa : £9.25
Orang bau tanah 60+ : £8.50
Mahasiswa (show ID card) : £8.50
Anak-anak (17 tahun+) : £4.65
Anak-anak (5 tahun+) : Gratis
Keluarga (2 dewasa, 3 belum dewasa -17 tahun): £23.00

2. Istana Buckingham

Jam Buka Istana Buckingham:
Setiap hari selama animo panas:
27 Juli - 31 Agustus : 09.30 - 19.00 (terakhir masuk Pkl 16:45)
1 – 29 September : 09.30 - 18.30 (terakhir masuk Pkl 15:45)
*kunjungan biasanya berlangsung selama 2 – 2,5 jam

Harga Tiket Masuk:
(Anda mampu menggunakan London Sightseeing Pass untuk masuk gratis ke Istana Buckingham dan istana kerajaan lainnya di London, seperti Istana Kensington, dll. Dengan pass ini Anda juga masuk melalui jalur cepat alias tak perlu antri ;). Dengan begitu anda mampu menghemat waktu sehingga mampu jalan-jalan ke lebih banyak daerah di London. Dan cukup dengan 1 tiket, bayar sekali, ke lebih dari 60 daerah wisata di London. Ini ialah cara jalan-jalan hemat yang paling banyak dipilih oleh wisatawan untuk jalan-jalan di London secara *maksimal*. Makara jangan bilang Anda ketinggalan gosip atau beralasan saya belum memberi tahu Anda :D)

a). Tiket Standar (State Rooms)
Dewasa : £19.00
Orang bau tanah 60+ : £17.50
Mahasiswa (show ID card) : £17.50
Anak-anak (-17 tahun) : £10.85
Anak-anak (-5 tahun) : Gratis
Keluarga (2 dewasa, 3 belum dewasa -17 tahun): £87.00

b). State Rooms dan Garden Highlights Tour (State Rooms dan taman)
Dewasa : £27.75
Orang bau tanah 60+ : £25.50
Mahasiswa (show ID card) : £25.50
Anak-anak (-17 tahun) : £16.35
Anak-anak (-5 tahun) : Gratis
Keluarga (2 dewasa, 3 belum dewasa -17 tahun): £74.00

c). A Royal Day Out (tiket masuk ke tiga daerah sekaligus: State Rooms, Royal Mews, dan Queen’s Gallery)
Dewasa : £33.25
Orang bau tanah 60+ : £30.50
Mahasiswa (show ID card) : £30.50
Anak-anak (-17 tahun) : £18.85
Keluarga (2 dewasa, 3 belum dewasa -17 tahun): £87.00

Note :
- Harga sudah termasuk akomodasi audio tour gratis (dalam bahasa Inggris). Ambil audio tour di pintu masuk sebelum masuk ke pameran.
- Tiket mampu dibeli pribadi di tiket office di Buckingham Palace, atau booking online melalui Tiket Online Resmi Istana Buckingham.

Transportasi: Naik apa ke Istana Buckingham?
Bus: Naik jalur 11, 211, C1, atau C10, berhenti di Buckingham Palace Road.
Kereta Bawah Tanah (Di Inggris disebut ‘underground’ atau ‘tube’). Stasiun bawah tanah terdekat:
- Victoria Station
- Green Park Station
- Hyde Park Corner Station
Kereta Biasa (Di Inggris biasa disebut ‘rail’). Stasiun kereta terdekat: London Victoria


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada