BEST ADVENTURE TRIP

Perayaan Tahun Baru Korea (Seollal)


Salah satu permainan tradisional pada hari Seollal Perayaan Tahun Baru Korea (Seollal)
Salah satu permainan tradisional pada hari Seollal
Seperti halnya tahun gres China dan tahun gres Islam, orang Korea juga merayakan tahun gres lain selain tahun gres 1 Januari, yaitu Seollal. Seollal yakni tahun gres Korea (Korean New Year) yang jatuh pada hari pertama kalender bulan Korea dan menjadi hari libur nasional selama 3 hari. Pada tahun 2013 ini Seollal jatuh pada tanggal 10 Februari, dan untuk tahun 2014, seollal jatuh pada tanggal 31 Januari.

Kebiasaan orang Korea pada tahun gres ini yakni pulang atau mengunjungi rumah orang renta mereka bila merantau atau sudah tidak tinggal serumah, dan juga melaksanakan penghormatan kepada leluhur. Banyak dari mereka juga berdandan dengan mengenakan pakaian tradisional Korea (hanbok). Makanan yang biasa dihidangkan pada hari libur Seollal yakni tteokguk (sup kudapan manis beras) dan soju (arak beras). Orang Korea menganggap tahun gres ini ibarat halnya hari ulang tahun sehingga menganggap umur mereka telah bertambah 1 tahun setelah final makan tteokguk pada perayaan tahun gres ini.

Seperti tahun gres China, pada tahun gres Seollal juga ada tradisi memberi angpao oleh orang renta kepada anak-anak. Anak-anak biasanya mengucapkan selamat tahun gres kepada para orang renta (orang tua, paman, bibi, kakek-nenek mereka) sambil membungkuk, setelah itu para orang renta membalasnya dengan memberi uang yang dimasukkan ke dalam kantong kecil yang terbuat dari sutera. Kata-kata selamat tahun gres yang biasa diucapkan oleh bawah umur atau orang yang lebih muda yakni “saehae bok mani badeuseyo” yang artinya “have a blessed New Year” dan orang renta membalasnya dengan berkata “deokdam”. 

Sebagai hari libur dan perayaan paling penting di Korea, pastinya banyak program yang diadakan untuk merayakan tahun gres Seollal, baik festival-festival rakyat maupun hiburan modern. Perayaan dan festival-festival ini biasanya bertempat di pusat-pusat kebudayaan Korea, dan juga kawasan wisata yang bersahabat kaitanya dengan tradisi dan kebudayaan rakyat Korea ibarat istana kerajaan dan desa rakyat tradisional. Nah, Anda tertarik ingin mencicipi ibarat apa suasana tahun gres di Korea?

Artikel Terkait:
Chuseok, Hari Thanksgiving di Korea

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Best Adventure Trip All Right Reserved
Blog Serba Ada